Iklan Sponsor

Iklan

Iklan Sponsor

Iklan

terkini

Daftar Media yang Terbit di Makassar hingga 1953

arung sejarah
, 09:46 WIB Last Updated 2023-09-12T03:28:33Z
ARUNGSEJARAH.COM - Inilah Daftar Media yang Terbit di Makassar hingga 1953, Algemeen Handelsblad, Algemeen Indisch Dagblad - De Preangerbode, De Locomotief, De Tijd, De Vrije Pers, De Vrije Zeeuw, De Waarheid, Gereformeerd Gezinsblad, Het Dagblad, Het Nieuwsblad voor Sumatra, Het Parool, Het Vrije Volk, Indische Courant, Indische Courant voor Nederland, Leeuwarder Courant, Marhaen, Nieuwe Courant, Nieuwsblad van Het Noorden, Nieuwe Tilburgsche Courant, Nieuwsgier, Pedoman Rakjat, Provinciale Drentsche En Asser Courant, Trouw, Zaterdag, atau Rakjat Berdjoang, Daily Telegraph, Makassaarse Courant, Berdjuang: Penerb. Departemen Biro Pedjuang Pengikut R.I., Peladjar Merdeka, Suara Irian, The "S.S." Star, Pandji Siswa

ARUNGSEJARAH.COM - Daftar Media yang Terbit di Makassar hingga 1953.


JAUH sebelum Indonesia merdeka, pers telah tumbuh bahkan sejak abad ke-17 pada masa Kolonial Belanda. Perkembangan pers yang jauh sebelum negara ini bernama Indonesia ini, bertumbuh dan berkembangan hingga masa kemerdekaan. Pada masa itu, peran pers sangat besar utamanya dalam menyebarkan propaganda Indonesia Merdeka.

Oleh sebab itu, pers yang tumbuh tidak serta merta hanya berbicara mengenai keuntungan, akan tetapi perlahan-lahan mulai menumbuhkan kesadaran akan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia

Bagi pemerintah Belanda, pers disamping sebagai media penyampai berita kepada para pembaca, menambah pengetahuan, juga memiliki peran penting dalam menyuarakan kepentingan pemerintah, kelompok tertentu, dan rakyat pada umumnya. 

Terlebih lagi pemerintah Belanda juga selalu mengutamakan pentingnya dokumentasi, berbagai hal terkait negara jajahan dan kabar berita yang terjadi di negeri leluhurnya yang selalu dikabarkan di negeri-negeri jajahannya. 

Oleh sebab itu, pers di masa penjajahan Belanda dipandang sebagai alat pencatat atau pendokumentasian segala peristiwa yang terjadi di negeri jajahan Belanda, termasuk Indonesia (Hindia Belanda). Catatan peristiwa ini menjadi sangat penting diketahui oleh pemerintah pusat di Nederland maupun di Nederlandsch Indie serta orang-orang Belanda pada umumnya. 

Apabila membuka arsip majalah dan persuratkabaran yang terbit di Indonesia di masa penjajahan, kita dapat mengetahui bahwa betapa cermatnya orang Belanda dalam pendokumentasian ini. Bukan hanya surat kabar, tetapi sangat banyak majalah, laporan dan buku-buku tentang Indonesia yang telah diterbitkan Belanda. 

Semuanya penerbitan tersebut memuat aneka berita dari mulai politik, ekonomi, sosial, sejarah, kebudayaan, seni tradisional (musik, seni rupa, sastra), cagar budaya (bangunan, percandian, dll), pengetahuan tradisional, hukum adat dan begitu banyak peristiwa penting lainnya yang terjadi di Indonesia.

Khusus terkait pers, beberapa media yang dapat disebutkan, antara lain: Algemeen Handelsblad, Algemeen Indisch Dagblad - De Preangerbode, De Locomotief, De Tijd, De Vrije Pers, De Vrije Zeeuw, De Waarheid, Gereformeerd Gezinsblad, Het Dagblad, Het Nieuwsblad voor Sumatra, Het Parool, Het Vrije Volk, Indische Courant, Indische Courant voor Nederland, Leeuwarder Courant, Marhaen, Nieuwe Courant, Nieuwsblad van Het Noorden, Nieuwe Tilburgsche Courant, Nieuwsgier, Pedoman Rakjat, Provinciale Drentsche En Asser Courant, Trouw, Zaterdag, atau Rakjat Berdjoang.

Di Makassar, dunia persuratkabaran juga tumbuh pesat, baik di masa penjajahan maupun setelah kemerdekaan. Bahkan bukan hanya yang berbahasa Belanda, namun juga Tionghoa dan Indonesia. Beberapa media yang disebutkan di atas beberapa diantaranya terbit di Makassar.  

Hingga Maret 1953 beberapa media yang bertahan hidup dan tercatat dalam Daftar Persuratkabaran yang Terbit di Indonesia yakni:

Harian

Bahasa Indonesia 

Marhaen: Penerbit "Marhren"
Pem. Umum : Achizad Sirle
Pem. Red. : J. Mewengkang 
Alamat : Dj. Karebosi 15 Tlp . 200 ( Dulu Nusantara)

Pedoman Rakjat: Penerb. N.V. Pertj. dan Penerbitan Sulawesi 
Pem. Umum : H. Rondonuwu (Pendjawab)
Alamat :Karebosi 13 Tlp. 700.

Peristiwa : Penerb. Jajasan "Peristiwa"
Pendjawab : E.J. Adam 
Alamat : Djl. Merdeka. Lorong 5 N0.3

Rakjat Berdjoeng: Penerb. Jajasan Pen. "R. Berjoeng 
Pem.Umum : G.A. Kamagi 
Pem.Red . : M. Jusuf Arief
Alamat : Djl. Chairil Anwar 28 Tlp. 185.


Bahasa Belanda

Makassaarse Courant : Penerb. N.V. Druk. "Makassar" 
Pem.Red. : H.M.W. de Haas
Alamat : Djl. Karebosi 15.


Bahasa Tionghoa

Daily Telegraph 
Pem. Red. : Phaw Min Chun
Alamat : Makaraeng 7.


Mingguan

Berbahasa Indonesia 

Berdjuang: Penerb. Departemen Biro Pedjuang Pengikut R.I. 
Pem. Redaksi: A. Rachman Tamma
Alamat : Djl. Merdeka 17 Tlp. 1128 (Distensil).


Bulanan

Bahasa Inggeris

The "S.S." Star: Penerb. Perusahaan Penerb. "Mingguan Umum Bergambar" 
Pem. Redakşi: M. Jusuf Ariel 
Alamat: Goa Selatan 47 B Tlp. 1311 (Distensil).


Tengah Bulanan

Bahasa Indonesia

Peladjar Merdeka: Penerb. IPPI Pusat Daerah Sulawesi Selatan
Pem. Umum : Gulan
Alamat : Djl . Maritjaja Gg. 32/8 (Distensil) .

Suara Irian: Penerb. Pusat Badan Perdjuangan Irian 
Pem. Umum: J. Latumahina
Pem. Red : L.E. Manuhua
Ilomat · Djl. Chairil Anwar 7.


Bulanan

Bahasa Indonesia

Pandji Siswa : Penerb. Persatuan Pelajar SMA
Pem. Umum : Achmad Dahlan
Pem. Redaksi : Jimmy Ibrahim 
Alamat : Djl. Pengadilan 12.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Daftar Media yang Terbit di Makassar hingga 1953

Terkini

Iklan

Close x