Iklan Sponsor

Iklan

Iklan Sponsor

Iklan

terkini

Syarah Bulughul Maram (Jilid 1-7) - Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam

arung sejarah
, 22:17 WIB Last Updated 2023-08-19T13:49:13Z
Syarah Bulughul Maram (Jilid 1-7) - Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam, Syarah Bulughul Maram (Jilid 1) - Abdurrahman Al Bassam Syarah Bulughul Maram (Jilid 2) - Abdurrahman Al Bassam Syarah Bulughul Maram (Jilid 3) - Abdurrahman Al Bassam Syarah Bulughul Maram (Jilid 4) - Abdurrahman Al Bassam Syarah Bulughul Maram (Jilid 5) - Abdurrahman Al Bassam Syarah Bulughul Maram (Jilid 6) - Abdurrahman Al Bassam Syarah Bulughul Maram (Jilid 7) - Abdurrahman Al Bassam

SEGALA puji bagi Allah, Dzat yang menghidupkan serta mematikan. Dzat yang memberlakukan hukum-hukum-Nya sesuai dengan kemaslahatan hamba-Nya. Shalawat serta salam sejahtera semoga dilimpahkan kepada pemilik sabda yang agung, sosok yang manyampaikan syariat Tuhannya yang bermanfaat. Semoga juga dilimpahkan kepada keluarga dan para sahabat yang telah membawa syariat Islam dan menunaikannya dengan penuh amanat dan pengagungan.

Aku memuji kepada Allah SWT sekaligus bersyukur atas kemudahan-kemudahan dalam pembuatan syarah yang komprehensif dan berdaya guna ini. Sekaligus syarah yang telah memadukan antara ilmu-ilmu yang berat dan ilmu-ilmu yang ringan dengan penulisan yang sederhana dan mudah, berurutan dan rinci. 

Hal ini dimaksudkan agar setiap pembaca dapat memanfaatkannya. Syarah ini tidak terlalu tinggi dan tidak menyulitkan bagi pemula, sekaligus tidak menurunkan derajat bacaan bagi para ulama. Dengan demikian syarah ini dapat diterima -Alhamdulillah- bagi seluruh segmen pembaca. 

Mereka menyambut dengan hangat saat keluarnya syarah ini, sehingga naskah untuk cetakan pertama habis dalam waktu yang relatif sangat singkat.

Setelah itu banyak permintaan yang datang dengan antusias yang merdorong kami untuk melakukan cetak ulang, sekaligus memenuhi permintaan para peminatnya, tetapi dengan format yang lebih baik dari cetakan pertama, disertai dengan analisis-analisis yang lebih tepat dan sempuma. Saya berharap kepada Allah agar dalam cetakan yang kedua ini lebih dapat memenuhi kebutuhan dan lebih baik daripada cetakan terdahulu.

Seseorang hendaknya senantiasa mencari sesuatu yang dapat membawanya kepada kebaikan dan memenuhi kebutuhannya di masa-masa mendatang, serta membenahi segala kekurangian yang dia miliki di masa lalu, selagi tangannya mampu meraih sebuah buku atau yang dapat memberikan hidayah kebenaran.

Seorang hakim yang mulia, seorang penulis handal pada masanya, yaitu Abdurrahim bin Ali Al Baysumi yang wafat pada tahun 596 H, menulis sebuah catatan kepada asistennya di kementrian jurnalistik, seorang sastrawan yang masyhur, yaitu Al Ammad Al Ashfahani yang wafat pada tahun 597 H. 

Catatan tersebut adalah, "Aku melihat bahwa seseorang yang menulis sebuah karya pada hari ini, akan berkata keesokan harinya, "Seandainya kalimat ini diubah pasti akan lebih baik, seandainya yang ini ditambah pasti lebih bagus, seandainya paragraf ini didahulukan, maka akan lebih utama, seandainya tidak memuat kalimat yang ini pasti lebih menarik, dan ungkapan yang paling baik adalah demikian. Hal ini merupakan bukti kekurangan yang terdapat pada manusia.

Dari saya di dalam cetakan kali ini, sebagaimana seorang hakim yang mulia berkata, maka aku melakukan beberapa hal berikut:

Pertama, melengkapi keluputan kami, berupa kesalahan cetak yang telah terjadi pada cetakan pertama.

Kedua, menambahkan banyak hal penting, kajian-kaiian fikih yang menarik yang dapat menjadi ciri khas cetakan kali ini dibandingkan cetakan sebelumnya. 

Ketiga, menambahkan banyak takhrij hadits disertai dengan banyak analisis tentang peringkat hadits.

Keempat, menambahkan banyak hal mengenai penjelasan kosakata kalimat dari sisi etimologi, kajian nahwu, sharaf, dan sisi ilmiahnya, serta batasan-batasan pemaknaannya di banyak tempat.

Kelima, menyumbangkanbeberapa permasalah fikih yang ada melalui keputusan-keputusan komisi fiqih, organisasi Konfrensi Islam di Jedah sejak didirikan sampai tahun ini, yaitu 1414 H. Aku kemukakan setiap keputusan yang ada pada posisi yang sesuai dari sisi bab dan permasalahan buku ini. 

lni adalah keputusan-keputusan penting sekali yang telah dikaji oleh selujumlah ulama terpilih mengenai masalah-masalah hukum yang bersifat kontemporer, serta persoalan-persoalan modem yang membutuhkan kajian dan analisis lebih jeli yang akhinya difatwakan oleh lembaga ini dengan kesepakatan satu suara.

Keenam, melahirkan beberapa perubahan, meletakkan di depan atau di belakang ungkapan-ungkapan serta paragrap-paragrap tertentu di dalam kitab ini sehingga menambah baik nilai buku ini.

Ketujuh, meletakkan matan, (yaitu hadits-hadits bulughul maram) pada halaman yang paling atas dan ditulis dengan huruf yang berbeda dari segi bentuk dan ukurannya. 

Secara umum, para pembaca akan melihat -lnsya Allah- perbedaan besar antara cetakan yang kedua ini dengan cetakan sebelumnya. Mudah-mudahan cetakan yang kedua ini sesuai dengan posisi buku ini, sebagai syarah suatu karya yang agung yaitu Bulighul Maram.

Aku meminta kepada Allah agar menjadikan karyaku ini semata-mata ikhlas karena-Nya. Kami berharap Allah SWT dapat memberikan taufiq-Nya kepada kami serta saudara-saudara kami seagama untuk menuju apa yang Dia cintai dan ridhai. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabat sekalian.

Abdulah bin Abdurrahman Al Bassam

****

Download Buku Gratis Disini:

1. Syarah Bulughul Maram (Jilid 1) - Abdurrahman Al Bassam

2. Syarah Bulughul Maram (Jilid 2) - Abdurrahman Al Bassam

3. Syarah Bulughul Maram (Jilid 3) - Abdurrahman Al Bassam

4. Syarah Bulughul Maram (Jilid 4) - Abdurrahman Al Bassam

5. Syarah Bulughul Maram (Jilid 5) - Abdurrahman Al Bassam

6. Syarah Bulughul Maram (Jilid 6) - Abdurrahman Al Bassam

7. Syarah Bulughul Maram (Jilid 7) - Abdurrahman Al Bassam

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Syarah Bulughul Maram (Jilid 1-7) - Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam

Terkini

Iklan

Close x