Iklan Sponsor

Iklan

Iklan Sponsor

Iklan

terkini

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani - Pengarang Kitab Bulughul Maram

arung sejarah
, 15:03 WIB Last Updated 2023-06-10T12:52:59Z
Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani - Pengarang Kitab Bulughul Maram, download buku gratis pdf terjemah bulughul maram, Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani "Rahimahullahu Ta'ala"

ARUNGSEJARAH.COM - Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani - Pengarang Kitab Bulughul Maram.

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani "Rahimahullahu Ta'ala"

Nasab dan Kunyahnya

Sosok Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani dikenal sebagai seorang imam yang sangat alim, dianggai seperti lautan ilmu dan pemahamannya sangat luas. Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani adalah seorang tokoh penghulu dalam penelitian, pamungkas para hafizh dan qadhi yang sangat temama. 

Beliau bergelar Syihabuddin dan bapaknya memberi kunyah Abul Fadhl Ahmad bin Ati bin Muhammad bin Muhammad bin AIi bin Mahmud bin Ahmad al-Kinani al-Asqalani al- Mishri asy-Syai'i yang dikenal dengan lbnu Hajar.

Kelahirannya

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani lahir pada tahun 773 Hijriyah di Mesir.

Kedudukannya di Tengah Para Ulama

Al-Hafizh Ibnu Hajara mempunyai posisi yang sangat bagus dan sangat masyhur serta memiliki nama yang cukup harum di tengah para ulama. Beliau salah seorang ulama ahli hadits yang paling tersohor dan peneliti yang sangat cermat dan teliti.

Para ulama pada zamannya sepakat memberi julukan al-Hafizh kepada beliau. Dan di zamannya, beliau mendapat pujian dari para ulama, sementara orang yang pertama kali memberi julukan al-Hafizh adalah guru beliau, al-Allamah Zainuddin al-lraqi, sehingga nama beliau menjadi besar dan dikenal sebagai pakar hadits paling cerdas dan alim di antara para sahabatnya tentang masalah hadits. Ketika menjelang wafat, al-Hafizh al-Iraqi ditanya: Siapa orang yang paling bagus dalam ilmu hadits setelahmu?

Beliau menjawab, "lbnu Hajar kemudian anakku Abu Zur'ah kemudian al-Haitsami."

Beliau juga memuji dan menyanjung lbnu Hajar dengan mengatakan, "Syaikh yang sangat alim, sempurna, memiliki banyak keutamaan, seorang pakar hadits yang banyak memberi faidah dan memiliki keagungan serta seorang penghafal yang sangat kuat, cermat, teliti dan terpercaya dalam menyampaikan ilmu hadits."

Salah seorang muridnya, al-Baqa'i berkata, "Beliau adalah syaikhul Islam, figur umat manusia, panji orang-orang berilmu dan para imam, bintang bagi para pengikutnya para imam, hafizh pada zamannya, ustadz pada masanya dan pemimpin ulama serta penghulu para ahlifiqih...."

Karangan dan Manuskripsinya

Beberapa hasil karya beliau yang paling terkenal antara lain:

- Fathul Bari Syarh Shohih Al-Bukhari, kitab beliau yang terbaik.

- TahdzibutTahdzib

- Lisonu/ Mizan

- At-Talhisul Habir

- Ad-Durarul Kaminah Fi A'yanil MiahTsaminah

- Nuhboful Fikar

- Al-ubab Fi Bayanil Asbob - Beliau belum menulis ulang secara sempurna.

- Syifa-ul Ghilal Fi Bayanil llal

- TaghliqutTa'liq'ala Shahih Al-Bukhari

- Bulughul Maram min Jam'i Adilatil Ahkam. Ibnu Daqiq ar-'led telah meringkasnya dalam kitab al Ilmam dan beliau telah memberinya tambahan.

- Al-lshabah fiTamyiz Ash-Shahabah

Dan masih banyak lagi karya beliau yang tidak bisa disebutkan di sini.

Wafatnya

Beliau wafat pada tahun 852 Hijriyah dan dimakamkan di Kairo, Mesir. Semoga Allah merahmati beliau.

Faidah

Takhrij hadits (dalam buku ini-pent.) merujuk kepada metode takhrij al-Allamah Syaikh al-Albani dengan disertai penyebutan derajat hadits masing-masing, baik dari sisi keshahihan atau kedhaifannya. Dan ketika kita tidak menemukan komentar Syaikh al-Albani dalam hadits tersebut, kita menggunakan standar ulama lain seperti Syaikh Ahmad Syakir dan az- Zaila'i serta yang lainnya. Lihat Subulus Solom terbitan Darul Aqidah.

Download Buku Gratis Disini: Terjemah Bulughul Maram (Takhrij Hadits Berdasarkan Kitab-kitab Hadits Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani - Pengarang Kitab Bulughul Maram

Terkini

Iklan

Close x